SISTEM KONSTRUKSI PADA KAPAL TANKER



Nama   : Bagas Isnain
Nim : 21090114130097
Sistem Konstruksi Memanjang
Dalam sistem ini gading-gading utama tidak dipasang vertikal, tetapi dipasang membujur pada sisi kapal dengan jarak antara, diukur ke arah vertikal, sekitar 700 mm-1000 mm. gading-gading ini (pada sisi) dinamakan pembujur sisi (side longitudinal). Padea setiap jarak tertentu (sekitar 3-5 m) dipasang gading-gading besar, sebagaimana gading-gading besar pada sistem melintang, yang disebut pelintang sisi (side transverse).

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYJ41pOMGSXlWfNPFuLBSeK1CNQWdvxYgHdkfsZGWyJOT95ewGNbhA_pR1jPJ-zTzn-8BeBsr0BT_fs7yJSUV0XDDfsNIAVQbbify0386ue8-Osf4XvVZYqOMJWuCQUTvbYYzOK8t17sWd/s1600/memanjang+bracket+flor.JPGhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhySvVrLM4heCkjvWheqGjJfc05uBVBGDSDR29cjZ5smS6d3gOY3QQ5oJKyf8x-hJf4mx2k9xY2A2lP78OdHKkqsRypZ0lBkKjdCwH3qCXzs63kEyd_0h1cE8eJLSKx8TPWaWBSk7p1SoNM/s1600/memanjang+solid+flor.JPG
Pada alas, dan alas dalam, juga dipasang pembujur-pembujur seperti pembujur-pembujur sisi tersebut di atas dengan jarak antara yang sama pula seperti jarak antara pembujur-pembujur sisi. Pembujur-pembujur ini dinamakan pembujur-pembujur alas (bottom longitudinal) dan, pada alas dalam, pembujur alas dalam (inner bottom longitudinal). Pada alas juga dipasang wrang-wrang, dan dihubungkan pada pelintang-pelintang sisi. Tetapi umumnya tidak pada tiap pelintang sisi; yaitu setiap dua, atau lebih, pelintang sisi. Wrang-wrang pda sistem membujur juga dinamakan pelintang alas (bottom transverse). Penumpu tengah dan penumpu samping sama halnya seperti pada sistem melintang.


Pada geladak juga dipasang pembujur-pembujur seperti halnya pembujur-pembujur yang lain tersebut di atas. Pembujur-pembujur ini dinamakan pembujur geladak (deck longitudinal). Balok-balok geladak dengan bilah yang besar dipasang pada setiap pelintang sisi; dan disebut pelintang geladak (deck transverse).
Konstruksi lainnya (penumpu geladak, sekat, dsb) sama seperti halnya pada sistem melintang.
Dengan demikian terlihat bahwa dalam sistem membujur elemenelemen kerangka yang dipasang membujur jauh lebih banyak jumlahnya daripada yang merupakan penguatan melintnag.

Komentar