Sistem yang ada di Kapal Tanker yang membedakan dengan kapal lain

Nama   : Shofwan Abdullah Min
Nim     : 21090114130146
a.       Kulit sisi ganda (double shell)
Tanki ruang samping harus membentang sepanjang tanki muat dan setinggi sisi kapal atau dari puncak alas ganda sampaigeladak teratas, tanpa memperhatkan pembulatan pelat geladak, jika ada. Tanki tersebut harus diatur sedemikian rupa sehingga tanki muat terletak disebelah dalam dari garis bentuk pelat sisi dan dimanapun tidak boleh kurang dari jarak w yang di ukur pada setiap penampang melintang tegak lurus terhadap pelat sisi, sepert duraikan dibawah ini:

Kapal 5000 dwt atau lebih:

             [m] atau
                    = 2,0 m;    mana yang lebih kecil
                        Wmin= 1,0 m
   Sejarah singkat double hull:
  1. 1926,  Internasinal Maritime Conference di Washington membahas polusi di laut
  2. 1954, Oil Polution Convention (IMCO) mengenai pembatasan ukuran kapal tanker
  3. 1973, International Convention for The Prevension of polution from ship. (MARPOL 73) Memutuskan perlu adanya penambahan devise berupa segregated ballast tank (SBT), yang merupakn cikal bakal munculnya kapal tanker dengan double hull (tanki ballast terpisah). Isi MARPOL 73 adalah :  
·         Tanker ≥ 70000 DWT harus memakai SBT.  
·         Kapasitas SBT harus memenuhi persyaratan yaitu mampu membuat : d (sarat tengah) = 2 + 0.02 Lwl dan Trim belakang kapal = 0.015 Lwl
  1. 1978, IMCO berubah menjadi IMO membahas mengenai Tanker safety and Pullutions Pervention. TSPP 78 mensyaratkan double bottom untuk kapal tanker dengan tinggi 1/15 lebar kapal atau maksimal 2 meter (tetap masih menggunakan SBT). MARPOL 73/78
  2. 1990, OPA – 1990. Tenggelamnya kapal tanker Alycsha dengan bobot mati 30000 DWT (L = 300 m, B = 50 m) pada tanggal 1989 menjadi dasar dibentuknya konferensi OPA di Amerika yang membahas mengenai Oil Pollutions Act, yang mensyaratkan kapal tanker harus memiliki alas ganda. 
  3. IMO membentuk MEPC (Maritime Environment Protection Comitte), menyelenggarakan OPO – 90, peraturan 13 F MARPOL 73/78
  4. Juli 1996, IMO membentuk MEPC menyetujui double hull.
 b.      Double bottom ( alas ganda )
Seluruh panjang tanki muat harus dilindungi oleh double bottom. Pada setiap penampang melintang tinggi dari setiap tanki atau ruangan double bottom harus sedemikian rupa sehingga jarak h antara dasar tanki muat dan garis bentuk pelat alas yang diukur pada arah tegak lurus terhadap pelat alas tidak boleh kurang dari yang ditetapkan di bawah ini:

1.      Kapal 5000 dwt atau lebih

       [m] atau 2,0 m

dengan

hmin  =  1,0 m


2.      Kapal kurang dari 5000 dwt

       [m];

hmin  =  0,76 m

Pada lengkung daerah bilga atau pada lokasi dimana lengkung bilga kurang jelas, dimana jarak h dan w berbeda, maka jarak w harus dipilih ketinggian yang melebihi 1,5 h diatas baseline. Untuk rincian lihat MARPOL 73/78 Aneks I, Regulasi 13F (3) (c).
Sumur isap dalam tanki muat dapat menembus kedalaman alas ganda dibawah garis batas yang ditetapkan oleh jarak h dengan syarat sumur tersebut harus dbuat sekecil mungkin dan jarak antara dasar sumur dan pelat alas tidak kurang dari 0,5 h.

Komentar

  1. Casinos Near Casino York (New York) - Mapyro
    Find Casinos Near Casinos 성남 출장샵 Near Casino York in New York, NY 고양 출장샵 from 나주 출장샵 Mapyro, the people who 안양 출장샵 made 김천 출장마사지 the most of the reviews.

    BalasHapus

Posting Komentar